Nih Judul Skripsiku “Time Series Data Analysis with Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) Method”

19 November 2012 22.27 By Arsyil Statistikawan


Alhamdulillah dalam jangka waktu kurang lebih 1 tahun, aku berhasil menyelesaikan skripsiku. Good bye..:) for ANFIS: Adaptive Neuro Fuzzy Inference System. Memikirkanmu benar-benar menyita tenaga dan pikiran. Luar biasa memerlukan energi ekstra. Karena masih jarang skripsi yang membahas ini. Bahkan di Universitasku baru aku yang mengangkat ANFIS. ANFIS kuambil karena dosenku S3 mengangkat ANFIS ini. Selain itu refensi bahasa Indonesia sedikit sekali. But aku tetap berusa hingga akhirnya selesai dengan baik. Oleh itu aku akan berusaha share, membantu kawan yang sedang mengalami kondisi yang pernah kualami ini. Silakan kalau ada yang ditanyakan seputar ANFIS.
Kalau mau download skripsiku dan contoh perhitungan ANFIS silakan KLIK DISINI.

Judul : Anlisis Data Runtun Waktu dengan Metode ANFIS : Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS)
Title : Time Series Data Analysis with Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) Method

Abstrak
Salah satu metode analisis data runtun waktu yang populer adalah ARIMA. Metode ARIMA mensyaratkan beberapa asumsi antara lain residual model white noise, berdistribusi normal dan varian konstan. Model ARIMA cenderung lebih baik untuk data runtun waktu yang linier. Sedangkan untuk data runtun waktu nonlinier telah banyak dikaji dengan metode nonlinier, salah satunya adalah Adaptive Neuro Fuzzy Inference System atau ANFIS. Metode ANFIS adalah metode yang mengkombinasikan teknik Neural Network dan Fuzzy Logic. Dalam Tugas Akhir ini dibahas secara khusus mengenai metode ANFIS untuk analisis data runtun waktu yang mempunyai karakteristik antara lain stasioner, stasioner dengan outlier, nonstasioner dan nonstasioner dengan outlier, dan digunakan data harga minyak kelapa sawit Indonesia sebagai studi kasus. Hasil ANFIS yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan hasil metode ARIMA berdasarkan nilai RMSE. Berdasarkan analisis dan pembahasan diperoleh bahwa hasil metode ANFIS lebih baik daripada metode ARIMA.
Kata kunci : ANFIS, ARIMA, data runtun waktu, nonstasioner, outlier

Abstract
One popular method of time series analysis is ARIMA. The ARIMA method requires some assumptions; residual of model must be white noise, normal distribution and constant variance. The ARIMA model tends to be better for time series data which is linear. Whereas for the nonlinear time series data have been widely studied by nonlinear methods, one of that is Adaptive Neuro Fuzzy Inference System or ANFIS. The ANFIS method is a method that combines techniques Neural Network and Fuzzy Logic. In this thesis discussed the ANFIS method specifically for the analysis of time series data that have characteristics such as stationary, stationary with outlier, non stationary and non stationary with outlier, and the data of Indonesian palm oil prices is used as a case study. The ANFIS results which were obtained are compared with the results of ARIMA method by the value of RMSE. Based on the analysis and discussion, it is obtained that the results of ANFIS method are better than the results of ARIMA method.
Keywords : ANFIS, ARIMA, time series data, non stasionary, outlier

Literature
1. Abiyev, R dkk. 2005. Electricity Consumption Prediction Model using Neuro-Fuzzy System. World Academy of Science, Engineering and Technology 8. Hal 128-131.
2. Agung, IGN. 2009. Time Series Data Analysis Using Eviews. Singapura: John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd.
3. Alakhras, MNY. 2005. Neural Network-based Fuzzy Inference System for Exchange Rate Prediction. Journal of Computer Science (Special Issue). Hal 112-120. Amman, Jordan.
4. Aldrian, E dan Yudha, SD. 2008. Application of Multivariate Anfis for Daily Rainfall Prediction: Influences Of Training Data Size. Makara, Sains Volume 12 No 1. Hal 7-14.
5. Alizadeh, M., dkk. 2009. Forecasting Exchange Rates: A Neuro-Fuzzy Approach. IFSA-EUSFLAT. Hal 1745-1750.
6. Atsalakis, GS, dkk. Probability of trend prediction of exchange rate by ANFIS. Recent Advances in Stochastic Modeling and Data Analysis. Hal 414-422.
7. Azadeh, A, dkk. 2009. A hybrid simulation-adaptive network based fuzzy inference system for improvement of electricity consumption estimation. Expert Systems with Applications 36(8). Hal 11108-11117.
8. Baseri, H dan Alinejad G. 2011. ANFIS Modeling of the Surface Roughness in Grinding Process. World Academy of Science, Engineering and Technology 73. Hal 499-503.
9. Fahimifard, SM dkk. 2009. Comparison of ANFIS, ANN, GARCH and ARIMA Techniques to Exchange Rate Forecasting. Journal of Applied Science 9(20). Hal 3541-3651.
10. Fausett, L. 1994. Fundamentals of Neural Networks Architectures, Algorithms, and Applications. New Jersey: Prentice Hall.
11. Jang, JSR. 1993. ANFIS: Adaptive-Network-Based Fuzzy Inference System. IEEE Transactions on System, Man, and Cybernetics Volume 23. Hal 665-685.
12. Jang, JSR., CT Sun, dan E Mizutani. 1997. Neuro-Fuzzy and Soft Computing: A Computational Approach to Learning and Machine Intelligence. London: Prentice-Hall, Inc.
13. Kablan, A. 2009. Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System for Financial Trading using Intraday Seasonality Observation Model. World Academy of Science, Engineering and Technology 58. Hal 479-488.
14. Kusumadewi, S. 2003. Artificial Intelligence Teknik dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
15. Kusumadewi, S dan Hartati S. 2006. Neuro Fuzzy: Integrasi Sistem Fuzzy & Jaringan Syaraf. Yogyakarta: Graha Ilmu.
16. Makridakis, S dkk. 1992. Metode dan Aplikasi Peramalan Edisi Kedua Jilid 1. Terjemahan oleh Untung S Andriyanto. Jakarta: Penerbit Erlangga.
17. Matlab. 1999. Fuzzy Logic Toolbox User’s Guide. The MathWorks, Inc.
18. Mordjaoui, M and Boudjema B. 2011. Forecasting and Modelling Electricity Demand Using Anfis Predictor. Journal of Mathematics and Statistics 7 (4). Hal 275-281.
19. Nayak, PC, dkk. 2004. A Neuro-Fuzzy Computing Technique for Modeling Hydrological Time Series. Journal of Hydrology. Hal 52-56.
20. Osowski, S dan Linh, TH. 2004. Neuro-Fuzzy TSK Network for Approximation.
21. Ross, TJ. 2010. Fuzzy Logic with Engineering Applications, Third Edition. Singapore: John Wiley & Sons, Inc.
22. Soejoeti, Z. 1987. Buku Materi Pokok Analisis Runtun Waktu. Jakarta: Penerbit Karunika, Universitas Terbuka.
23. Suhartono. 2008. Analisis Data Statistik dengan R. Surabaya: Jurusan Statistika ITS.
24. Warsito, B dan Ispriyanti D. 2004. Uji Linearitas Data Time Series dengan RESET Test. Jurnal Matematika dan Komputer Volume 7 Nomor 3. Hal 36-44.
25. Warsito, B. 2009. Kapita Selekta Statistika Neural Network. Semarang: BP Undip.
26. Wei, LY. 2011. An Expanded Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS) Model Based on AR and Causality of Multination Stock Market Volatility for TAIEX Forecasting. African Journal of Business Management Vol. 5(15). Hal 6377-6387.
27. Wei, WWS. 2006. Time Series Analysis Univariate and Multivariate Methods Second Edition. USA: Pearson Education, Inc.
28. Yilmaz, NAS. 2003. A Temporal Neuro-Fuzzy Approach for Time Series Analysis. The Department of Computer Engineering, The Middle East Technical University.



Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

22 Response to "Nih Judul Skripsiku “Time Series Data Analysis with Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) Method”"

  1. fitri Says:

    mas arsyil mau nanya nih,,,ada gak masalah lain yang bisa di selesaikan dengan metode ANFIS, cz mau dijadikan referensi untuk skripsiku,,mohon bantuannya mas :)
    fitri_sulteng

  2. verolina Says:

    Mas, saya kebetulan lagi bikin skripsi meramal beban listrik menggunakan anfis. apa anda bisa bantu saya gimana caranya. kalau boleh saya mau minta emailnya.
    atau ke email saya verolina@ymail.com
    terimakasih

  3. BERSAMA LEBIH BAIK Says:

    mas bisa minta tolong, contoh perhitungan manual dengan Metode ANFIS,,
    zaks_alazzam@yahoo.com

  4. sherly Says:

    anfis itu software ya ?

  5. Sherly Says:

    cara dapetinnya gmn ? ini email saya sherlyarianti@yahoo.com :)

  6. sherly Says:

    skripsi saya disuruh pake anfis padahal saya ngertinya spss, makanya tolong dibantu ya kaka, mengingat namanya aja baru saya denger skg, hehee

  7. julpan Says:

    mas.. saya julpan.. bisa minta tolong, contoh perhitungan manual dengan Metode ANFIS,, balasannya tolong kirimkan ke julpan065@gmail.com
    TQ…

  8. ane Says:

    saya ane sedang skripsi tentang transportasi cerdas pake anfis, apa bisa dibantu? klo bisa sy mnta emailnya or ke email saya ane.gojel@gmail.com

  9. Unknown Says:

    mas bisa tolong kasih contoh perhitungan manual fuzzy metode anfis

    ke ti12.0375@yahoo.com

    terima kasih mas

  10. Arsyil Statistikawan Says:

    sudah saya email ya semuanyaaa :)

  11. Muhammad Riezkhi EM Says:

    mas bisa minta tolong kasih perhitungan sederhana tentang anfisnya ke gmail saya ? rieskyem@gmail.com terimakasih

  12. Unknown Says:

    mas arsyil saya reysa. saya sedang mngajukan judul skripsi. saya punya data set, data set nya tentang penjurusan siswa SMA, dosen saya menyuruh untuk mencoba data set tersebut menggunakan anfis dalam memprediksi jurusan siswa di sma. tolong bantuannya mas untuk perhitungan manualnya metode anfis. ini email saya reysahastarima@gmail.com

  13. Unknown Says:

    Assalamualaikum, mas bisa minta tolong, contoh perhitungan manual dengan Metode ANFIS,,
    mohon bantuannya ya mas.

    nurazmi17@gmail.com

  14. Unknown Says:

    mas bisa minta tolong, contoh perhitungan manual ANFIS
    terima kasih
    rini.jayyanti@gmail.com

  15. M A Rahman Says:

    Mas bisa minta tolong, contoh perhitungan manual ANFIS juga
    bisa dikirim ke muhamad.aulia.rahman94@gmail.com

    Terimakasih banyak atas bantuannya

  16. Arsyil Statistikawan Says:

    Sudah saya kirim ya semuanya...

    reysahastarima@gmail.com; nurazmi17@gmail.com; rini.jayyanti@gmail.com; muhamad.aulia.rahman94@gmail.com; rieskyem@gmail.com

    Maaf agak slow response

  17. Unknown Says:

    mas bisa minta tolong kirim perhitungan manual dari anfis soalnya saya mengangkat tema skripsi tentang anfis ahmad_wedan@yahoo.co.id

  18. ceritakerjaku Says:

    bang bisa kirim ke email suryabpe@gmail.com nggak bang skripsi sama perhitungan manualnya, terima kasih

  19. Satpam Says:

    bang, tolong kirim ke email saya zbrontox@gmail.com terimakasih sebelumnya

  20. anis Says:

    saya sedang bikin skripsi menggunakan metode anfis boleh bantu saya gak? email anissugi0406@nusamandiri.ac.id

  21. Anandavin Says:

    Mas, saya mahasiswa yg sedang mengerjakan skripsi dengan metode anfis. Saya ada dapat contoh perhitungan manual dari mas arsyil dengan 2 input. Untuk kasus saya ada 11 input mas, apakah benar jika rule yg terbentuk sebanyak 2048? Dan juga saya mencoba sebagai contoh perhitungan dengan 4 input dan 16 rule, tapi nilai parameter p,q,r,s,t yg didapat kurang cocok sehingga output akhir tidak sesuai. Kira2 saya ada salah dimana ya mas? Apakah mas arsyil ada contoh perhitungan anfis dengan banyak input? Jika ada boleh tolong email ke vinnimulviananda@gmail.com. terima kasih mas arsyil

  22. Me and My World Says:

    perkenalkan kak, saya khusnul, saya sedang mengambil skripsi tentang ANFIS, kak bisa kirim perhitungan manual ke email saya tidak kak? ini email saya khusnulumifatimahipa6@gmail.com
    terima kasih kak.

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi

Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)